Mother&Baby Indonesia
Bumil, Ketahui 9 Manfaat Konsumsi Brokoli Selama Kehamilan

Bumil, Ketahui 9 Manfaat Konsumsi Brokoli Selama Kehamilan

Brokoli merupakan salah satu jenis sayur yang mudah diolah dalam berbagai menu masakan. Moms bisa menyajikannya dengan mudah, misalnya dengan cara ditumis, dimasukkan ke dalam sup, serta dikukus dan dijadikan sebagai lalapan atau salad. Brokoli juga menjadi sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Bumil disarankan mengonsumsi 1-3 porsi atau setara dengan 1,5 mangkuk brokoli matang setiap harinya.

Sayuran hijau yang tergolong dalam suku kubis-kubisan ini kaya akan kandungan vitamin A, C, K, B6, kalsium, folat, serat, dan antioksidan. Nutrisi sebanyak itu tentu akan memberikan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh Anda serta tumbuh kembang janin dalam kandungan. Apa saja manfaat tersebut? Cari tahu di penjelasan berikut ini, Moms.



1. Meningkatkan Sistem Imunitas

Bumil yang rutin mengonsumsi brokoli akan memiliki imunitas yang kuat. Meski banyak aktivitas yang dilakukan, tubuh akan tetap kuat dari paparan penyakit dan mencegah risiko terjadinya infeksi. Hal ini dikarenakan kandungan beta karoten serta selenium dalam brokoli mampu meningkatkan daya tahan tubuh Moms selama kehamilan.

2. Mencegah Risiko Anemia

Moms membutuhkan asupan zat besi yang banyak selama menjalani masa kehamilan. Kebutuhan zat besi yang tidak terpenuhi dengan baik saat hamil bisa menyebabkan Anda mengalami defisiensi zat besi dan berisiko terkena anemia. Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan zat besi serta asam folat, yang akan membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan tentunya mencegah risiko anemia saat hamil.

3. Memperkuat Tulang dan Gigi

Brokoli juga mengandung kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc, yang berfungsi untuk memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Tak hanya untuk sang ibu, nutrisi tersebut juga akan diserap oleh janin sehingga tulang dan giginya akan lebih kuat.



4. Membantu Mengoptimalkan Perkembangan Janin

Janin akan bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal jika kecukupan nutrisinya terpenuhi. Mulai dari vitamin C dan K, asam folat, zinc, kalsium, hingga zat besi, semua nutrisi tersebut bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi brokoli.

5. Mengurangi Risiko Konstipasi

Selama hamil, Moms rentan mengalami masalah pencernaan seperti sembelit atau konstipasi yang bisa mengganggu dan membuat Anda sangat tidak nyaman. Kondisi ini bisa dicegah dengan mengonsumsi brokoli yang kaya akan serat sehingga efektif mencegah konstipasi dan membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kehamilan juga bisa menimbulkan risiko kesehatan seperti diabetes gestasional. Hal ini disebabkan tubuh Moms yang tidak menghasilkan cukup insulin, sehingga kadar gula darah meningkat. Risiko tersebut bisa dicegah dengan mengonsumsi brokoli yang membantu melancarkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga kadar gula darah Anda lebih terkontrol dengan baik.

7. Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Kandungan beta karoten serta vitamin A dalam brokoli juga bisa menjaga kesehatan mata Moms selama hamil. Selain itu, keberadaan vitamin E, B, dan K, juga mampu melindungi kulit dari sinar UV hingga mencerahkan kulit Anda di masa kehamilan.

8. Mencegah Kanker

Brokoli mengandung banyak phytochemicals yang dikenal baik untuk mencegah kanker. Banyak mengonsumsi brokoli dapat membantu Anda dan janin terhindar dari kanker saat hamil.

9. Menurunkan Risiko Stres

Adanya kandungan kolin dalam brokoli juga bisa menurunkan risiko Moms mengalami stres atau perasaan tertekan. Selain itu, kolin dan nutrisi lainnya juga bisa mencegah Si Kecil mengalami hipertensi, diabetes tipe 2, hingga risiko bayi lahir cacat.

Moms bisa mendapatkan semua manfaat tersebut jika rutin mengonsumsi brokoli. Jangan lupa juga untuk berolahraga supaya tubuh Anda dan janin selalu sehat ya, Moms. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   brokoli,   nutrisi,   janin