Mother&Baby Indonesia
Mengenal Daun Meniran, si Tanaman Liar yang Kaya Manfaat

Mengenal Daun Meniran, si Tanaman Liar yang Kaya Manfaat

Moms, familiar dengan daun meniran atau tanaman bernama ilmiah Phyllantus niruri? Tanaman satu ini tergolong liar dan bisa ditemukan di mana saja. Meski jarang diketahui, tapi daun meniran hijau ini diyakini memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antiradang. 

Tanaman ini banyak ditemukan di beberapa negara tropis Asia, memiliki siklus hidup yang pendek, dengan bentuk daun yang kecil di setiap cabang batangnya. Umumnya, yang dijadikan sebagai obat adalah ekstrak daun meniran dan dibuat dalam bentuk suplemen. Lalu, apa saja manfaat dari daun meniran? Simak penjelasan berikut ini, Moms.



Mencegah Asam Urat

Salah satu gejala dari penyakit asam urat adalah timbulnya rasa nyeri pada sendi. Dan secara tradisional, daun meniran dipercaya mampu menyeimbangkan kadar asam urat dalam darah secara teratur.

Menurunkan Risiko Batu Ginjal

Kristal asam urat juga dapat terbentuk pada daerah ginjal dan saluran kemih, sehingga dapat mengganggu fungsi kerja ginjal. Kandungan ion K dan zat flavonoid dalam ekstrak daun meniran dinilai mampu menyembuhkan gangguan ini serta merangsang kelancaran air seni.



Bersifat Antioksidan, Antibakteri, dan Antiradang

Daun meniran juga memiliki sifat antioksidan yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker atau tumor dalam tubuh. Selain itu, ada juga sifat antibakteri yang dapat membuat imunitas tubuh kuat dari paparan bakteri. Daun ini pun memiliki sifat antiradang yang akan menghindarkan kita dari kondisi peradangan, misalnya di area sendi, yang bisa mengganggu aktivitas.

Menjaga Kesehatan Kulit

Bagi Moms yang memiliki kulit sensitif, Anda mungkin akan lebih mudah merasa gatal dan menderita kulit kemerahan seperti ruam. Hal ini bisa ditangani dengan menggunakan daun meniran sebagai obat tradisional. Kandungan phyllanthin serta hypophillanthin pada daun ini dapat menjadi antibiotik alami. Keduanya dapat menekan pertumbuhan jamur dan bakteri yang memicu penyakit kulit.

Mengatasi Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu penyakit yang berbahaya. Apabila tidak rutin memeriksakan tekanan darah, risiko penyakit stroke juga bisa menghantui penderitanya. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengonsumsi ekstrak daun meniran yang tinggi kalium, sehingga tekanan darah dapat terkontrol dengan baik.

Meskipun daun meniran dipercaya banyak orang bisa mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan, sebelum memilih daun meniran sebagai obat, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter ya, Moms. Pasalnya, hingga saat ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai manfaat serta efek samping dari daun meniran, terutama untuk anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   daun meniran,   obat,   tanaman liar