Mother&Baby Indonesia
Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Manfaat Edamame dan Kacang Kedelai

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Manfaat Edamame dan Kacang Kedelai

Edamame merupakan salah satu makanan yang bernilai gizi tinggi dan sering djadikan camilan. Ketika menikmati edamame, banyak orang yang menyebutnya sebagai kacang kedelai. Edamame sendiri bisa diolah dengan cara direbus atau dipanggang. Bahkan, beberapa orang kadang mengonsumsi edamame bersamaan dengan kulitnya setelah direbus atau dipanggang.

Biasanya, edamame bisa dinikmati sebagai camilan karena rasanya yang manis, teksturnya tidak terlalu renyah, dan creamy saat dikunyah. Anda pun bisa mencampurnya di dalam salad untuk menambah tekstur. Lalu, benarkah edamame sama dengan kacang kedelai?

Serupa Tapi Tak Sama

Edamame sebenarnya merupakan keluarga dari tanaman kacang kedelai. Ya, edamame merupakan kacang kedelai Jepang yang dipanen saat masih muda dan hijau. Salah satu perbedaan yang mencolok adalah kedelai harus direbus dan dipisahkan dari kulitnya untuk dikonsumsi, sedangkan edamame justru sebaliknya, selalu direbus dengan kulitnya.



Di Jepang, edamame pun dijadikan sebagai hidangan pembuka atau hidangan pelengkap tanpa ditambah dengan makanan apa pun. Hal ini berbeda dengan kedelai, di mana biasanya kedelai harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu untuk bisa dikonsumsi.

Beberapa hidangan dari Jepang berbahan dasar kacang kedelai adalah natto, miso, dan kinako. Ada juga tahu, tempe, minyak, hingga susu kedelai yang mungkin menjadi menu favorit Moms di rumah. Dan berbagai olahan tadi tidak bisa dibuat dari edamame, lho!


Ragam Manfaat Berbeda

Dari penjelasan di atas, jelas bahwa edamame memang masih satu famili dengan kacang kedelai. Tapi, tidak semua kacang kedelai bisa disebut sebagai edamame. Jika dilihat dari bentuknya, edamame memiliki biji yang ukurannya relatif lebih besar dibandingkan kacang kedelai pada umumnya.



Dari sisi nutrisi, kedelai memang dikenal memiliki protein yang paling lengkap dibanding jenis kacang-kacangan lainnya. Di dalamnya terdapat kadar lemak dan karbohidrat yang lebih tinggi. Bahkan, kedelai matang juga mengandung lebih banyak kadar asam folat dan kalsium.

Meski begitu, penelitian menemukan bahwa edamame mengandung mineral yang lebih tinggi dibandingkan dengan kacang kedelai matang. Setidaknya, terdapat 17 gram protein dalam semangkuk kecil edamame. Tak hanya itu, di dalamnya juga tidak terkandung kolesterol serta lemak jenuh, dan justru kaya akan vitamin C, K, asam folat, zat besi, serta kalsium.

Dengan kandungan tersebut, mengonsumsi edamame dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Di dalam edamame juga terkandung antioksidan yang baik untuk menjaga sistem imun dan membuatnya dijadikan sebagai bahan baku produk kecantikan kulit dan wajah.

Ternyata, ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengonsumsi edamame maupun kacang kedelai lainnya. Meski tampak sama dan kaya akan nutrisi, keduanya memiliki perbedaan mencolok dari pengolahannya. Jadi, jangan sampai salah mengira lagi ya, Moms. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   edamame,   kacang kedelai,   kacang-kacangan