Mother&Baby Indonesia
Ajarkan Anak Menulis dengan 5 Aktivitas Menyenangkan Ini

Ajarkan Anak Menulis dengan 5 Aktivitas Menyenangkan Ini

Di dunia balita, yang paling penting buat Si Kecil adalah bermain dan melakukan hal-hal yang baginya menyenangkan. Namun, dari kegiatan tersebut Si Kecil juga bisa diajak untuk belajar sesuatu yang baru. Apalagi, saat anak Anda sudah di usia 3-5 tahun, di mana kemampuan motoriknya semakin aktif.

Salah satu yang bisa diajarkan adalah kemampuan menulis anak. Banyak ahli yang menyarankan agar balita bisa mulai belajar menulis maupun membaca di usia tersebut. Hal ini akan membantu melatih fokus dan koordinasi tangan anak sejak dini. Nah, supaya efektif, lakukan dengan aktivitas seru dan menyenangkan seperti berikut ini, Moms!

1. Dot Painting

Moms bisa menyiapkan kertas yang sudah digambar sebuah lingkaran. Lalu, minta Si Kecil untuk menggambar sesuatu di dalamnya. Beri petunjuk bahwa ia tidak boleh menggambar atau mewarnai di luar area lingkaran. Kegiatan ini akan membantu meningkatkan fokus, kecermatan, ketelitian serta melatih gerakan tangan anak untuk mengikuti pola tertentu. 



2. Aktivitas Menjepit

Aktivitas menjepit atau dikenal dengan peg activity adalah aktivitas sederhana dengan memanfaatkan jepitan baju. Moms hanya perlu menyiapkan penjepit pakaian berwarna warni dan potongan kardus. Minta Si Kecil untuk menjepit di kardus dan mengurutkan warna yang sama. Kegiatan ini akan memperkuat otot jari anak, sehingga ia mampu memegang alat tulis dan belajar menulis kelak.

3. Menyambungkan Titik Huruf

Hal lain yang bisa dilakukan agar anak belajar menulis adalah dengan menggambar titik-titik di kertas. Moms bisa membuat bentuk huruf tertentu yang sederhana, lalu minta Si Kecil untuk membuat tarikan dari setiap titik hingga membentuk pola yang dimaksud. Hal ini akan membuat tangannya terlatih menarik dan menulis garis, serta bisa menghafal huruf dengan lebih mudah.



4. Menjiplak Tulisan

Salah satu hal yang bisa dipakai saat berlatih menulis adalah dengan menjiplak tulisan. Moms bisa membelikan Si Kecil buku khusus menjiplak atau dengan mencetaknya sendiri. Pastikan huruf yang akan dijiplak tampak jelas saat ditimpa kertas di atasnya, sehingga ia bisa mengikuti pola huruf dengan baik dan benar.

5. Menebak Huruf

Langkah yang tak kalah penting untuk mengajarkan Si Kecil menulis adalah dengan mengenal huruf alfabet. Moms dapat menyiapkan poster atau kertas berisikan huruf sesuai abjad. Kemudian, Anda bisa mengajaknya bernyanyi atau membentuk huruf menjadi sebuah gambar tertentu yang mudah diingat anak.

Dari kelima kegiatan di atas, Moms bisa menerapkannya pada Si Kecil dengan cara yang lebih menyenangkan lagi. Dengan begitu, ia akan memiliki kemampuan menulis dasar dan siap untuk belajar saat di sekolah nantinya. Semoga berhasil, Moms! (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   belajar menulis