Mother&Baby Indonesia
Patut Ditiru, 8 Kebiasaan Hemat Keluarga Kerajaan Inggris

Patut Ditiru, 8 Kebiasaan Hemat Keluarga Kerajaan Inggris

Saat ini, telah banyak orang yang menerapkan gaya hidup hemat dalam kehidupan sehari-hari. Ya, berhemat sudah menjadi bagian dari gaya hidup kita. Tak hanya kita orang biasa, keluarga Kerajaan Inggris pun ternyata sudah memiliki kebiasaan hidup hemat sejak lama.

Anda mungkin berpikir bahwa Ratu Elizabeth II beserta keluarganya selalu hidup dalam kemewahan dan bergelimang harta. Nyatanya, The British Royal Family dikenal sebagai keluarga yang selalu menerapkan gaya hidup hemat.

Dirangkum dari berbagai sumber, ini beberapa contoh kebiasaan hidup hemat keluarga Kerajaan Inggris yang bisa Anda tiru.



1. Tidak malu memakai pakaian yang lama

Kehidupan keluarga Kerajaan Inggris dengan segala macam aktivitasnya kerap menjadi sorotan dan perhatian dunia. Walaupun begitu, mereka tidak pernah merasa malu untuk mengenakan pakaian yang lama saat tampil di muka umum. Anda mungkin melihat Ratu Elizabeth II maupun Kate Middleton tidak merasa risih mengenakan busana yang sama saat tampil di sebuah acara resmi.

2. Memanfaatkan bekas bungkus kado

Dikutip dari Reader’s Digest, Kate Williams, seorang penulis biografi, mengungkapkan bahwa Ratu Elizabeth II tak pernah membiarkan kertas pembungkus kado dibuang begitu saja dan menjadi sia-sia. Sejak masih muda, Ratu punya kebiasaan menyimpan dengan rapi kertas pembungkus kado dan pita yang pernah diberikan padanya agar dapat digunakan kembali.

3. Menu sarapan sederhana

Banyak orang membayangkan bahwa menu sarapan keluarga kerajaan selalu mewah, seperti yang sering kita lihat dalam film-film. Nyatanya, sebaliknya, Ratu dikabarkan lebih senang menyantap sereal sederhana seperti cornflakes yang disimpan dalam wadah plastik untuk dimakan dengan buah-buahan. Sederhana namun menyehatkan ya, Moms.

4. Barang rusak diperbaiki dulu, tidak langsung dibuang

Dengan kekayaan melimpah yang dimilikinya, Ratu Elizabeth II bisa saja langsung membeli barang yang baru ketika barang yang lama rusak. Namun ia tidak melakukan hal tersebut. Alih-alih membeli sarung tangan baru, Ratu lebih memilih memperbaiki sarung tangannya yang sudah usang. Bahkan ia masih memiliki sepasang sarung tangan dari 40 tahun lalu.



5. Tidak pernah membuang makanan

Pangeran Charles, putra Ratu Elizabeth II, ternyata juga tak pernah membuang sisa makanan. Hal ini diceritakan oleh Chef Carolyn Robb yang pernah bekerja untuk sang Pangeran. Ia mengatakan bahwa Pangeran Charles akan meminta makanan sesuai porsi makannya, sedangkan sisa makanan yang ada biasanya akan dibuat sebagai campuran dalam isian pie.

6. Terbang dengan kelas ekonomi

Untuk alasan keamanan, Ratu Elizabeth II memang tidak akan pernah menggunakan penerbangan komersial. Namun, berbeda dengan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Mereka diketahui pernah melakukan penerbangan dengan British Airways kelas ekonomi untuk pergi ke Nice saat pergantian tahun 2018 lalu. Padahal, mereka berdua bisa saja memilih penerbangan first class.

7. Memasak sendiri

Keluarga Kerajaan Inggris memang punya banyak staf yang bisa membantu mereka dan membuat hidup mereka lebih mudah. Meskipun begitu, anggota keluarga kerajaan memilih untuk memasak sendiri. Kate Middleton, misalnya, yang terbiasa hidup mandiri, dikabarkan memasak sendiri untuk keluarganya, termasuk membuat makanan kesukaan Pangeran William, ayam panggang. Pangeran William pun sering terlihat berbelanja bahan makanan sendiri.

8. Membeli pakaian murah

Sebagai anggota kerajaan, Kate Middleton maupun Meghan Markle mungkin sudah tidak asing dengan high-end fashion rancangan desainer terkemuka. Namun, mereka ternyata kerap menggunakan pakaian dari merek lokal di Inggris, baik saat bepergian maupun dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, orang-orang setelah itu akan membeli pakaian yang sama dengan yang dikenakan Kate maupun Meghan, sehingga keesokannya, pakaian tersebut langsung habis terjual di toko setelah mereka pakai. (M&B/SW/Dok. Instagram @kensingtonroyal)



Tags: hidup hemat,   keluarga kerajaan inggris










Cover Mei-Juni-Juli 2020