Mother&Baby Indonesia
5 Tips Belajar Seru dan Efektif saat School From Home

5 Tips Belajar Seru dan Efektif saat School From Home

Demi mencegah penularan infeksi virus corona, World Health Organization menyerukan physical distancing atau menjaga jarak fisik dengan orang lain. Seruan ini diterapkan dalam berbagai cara terbaik, termasuk work from home (kerja dari rumah) dan school from home (sekolah dari rumah).

Bahkan pemerintah DKI Jakarta sudah memperpanjang status tanggap darurat bencana COVID-19 hingga 19 April 2020, yang artinya kegiatan belajar-mengajar pun harus dilakukan dari rumah atau school from home hingga waktu yang telah ditentukan.

Dalam mendidik balita atau anak usia sekolah, school from home (SFH) memang memberikan tantangan tersendiri ya, Moms. Anda harus mengeluarkan kreativitas ekstra agar anak tetap fokus belajar dan disiplin walau harus sekolah dari rumah. Mau tahu tips belajar seru dan efektif saat school from home? Keep scrolling, Moms!




1. Rutinitas yang Sama

Sekolah dari rumah, bukan berarti anak boleh bangun siang dan tidak mandi seharian, lho. Anak perlu mengerti kalau SFH bukan liburan, maka ia harus menerapkan rutinitas yang sama seperti hari sekolah biasanya.


2. Ruang Belajar yang Nyaman

Untuk meningkatkan semangat dan fokus Si Kecil selama belajar dari rumah, maka ruang belajarnya pun harus nyaman ya, Moms. Ajak Si Kecil menentukan sendiri ruangan mana di rumah yang ingin ia ubah menjadi ‘kelas’ selama masa SFH. Setelah itu, biarkan ia menghias ‘kelas’ itu sendiri. Tips ini mungkin sangat sederhana, tetapi sangat ampuh untuk membuat anak betah belajar di rumah lho, Moms.




3. Belajar Lewat Video

Inilah waktunya memanfaatkan screen time untuk belajar bersama anak, sekaligus mempererat bonding antara Anda dan Si Kecil. Banyak hal yang lebih mudah dijelaskan pada anak menggunakan video, atau Anda dan Si Kecil bisa mencari inspirasi untuk membuat karya seni dengan melihat video bersama. Sambil menonton, sambil menjelaskan. Pelajaran tentu lebih mudah dicerna kalau begini ya, Moms.


4. Ajak Anak Membuat Materi Belajar

Guru di sekolah anak tentu sudah memberikan tugas harian, tetapi jangan biarkan anak hanya stres mengerjakan tugas saja, karena belajar seharusnya juga menyenangkan. Maka setelah ia selesai dengan tugas dari gurunya, tak ada salahnya Moms beri pelajaran tambahan yang seru.

Biarkan anak memilih sendiri materi belajar yang ingin ia dalami atau ketahui, entah itu ilmu sejarah, olahraga, atau seni. Jadilah guru yang menyenangkan untuk kelas tambahan ini. Dengan begitu, Moms juga bisa mengetahui minat dan bakat anak, lho.


5. Selingi dengan Aktivitas Antibosan

Ada kalanya guru memberikan begitu banyak tugas untuk sekolah dari rumah. Nah, agar anak tidak stres, Moms bisa menyelipkan kegiatan antibosan di tengah-tengah waktu belajar ini. Misalnya, setiap mengerjakan tugas 45 menit, ada rehat berupa olahraga kecil selama 10 menit dan diakhiri dengan pelukan hangat pemberi semangat. Dijamin anak langsung semangat lagi! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   school from home,   belajar di rumah