Mother&Baby Indonesia
7 Manfaat yang Didapat dengan Mengonsumsi Makanan Mentah

7 Manfaat yang Didapat dengan Mengonsumsi Makanan Mentah

Banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh, di antaranya adalah dengan rutin berolahraga dan menjalankan pola makan sehat. Di antara banyak tren pola makan sehat, salah satu yang berkembang adalah tren makan makanan mentah. Sekilas, mengonsumsi makanan mentah memang terdengar menjijikkan, tapi faktanya Anda mungkin tidak menyadari telah beberapa kali mengonsumsi makanan mentah, misalnya lalapan, salad, hingga sashimi.

Memang, tidak semua bahan makanan bisa kita konsumsi secara mentah, umumnya hanya berupa sayuran dan buah-buahan. Selain itu, kekhawatiran saat kita makan makanan mentah adalah faktor kebersihannya, misalnya mungkin saja bahan makanan tersebut masih mengandung zat kimia ataupun mikroorganisme yang bisa menimbulkan gangguan bagi tubuh.



Namun di sisi lain, banyak orang yang percaya bahwa mengonsumsi makanan mentah justru lebih bernutrisi dibandingkan makan makanan yang sudah matang, contohnya sayuran. Hal ini dikarenakan proses memasak bisa menghilangkan kadar nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut.

Nah, dirangkum dari berbagai sumber, ada sejumlah manfaat yang bisa kita peroleh saat mengonsumsi makanan mentah, seperti sayur dan buah, yakni:

1. Lebih Kaya Nutrisi

Sayuran mentah lebih kaya nutrisi sehingga punya kualitas lebih baik dan lebih bisa memenuhi kebutuhan nutrisi Anda dibandingkan sayuran yang dimasak. Panas yang dihasilkan ketika memasak makanan justru menghilangkan berbagai nutrisi dalam makanan tersebut. Jika Anda rutin makan sayuran mentah, Anda justru akan memiliki lebih banyak energi karena sayuran mentah punya keseimbangan air, nutrisi, dan serat terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda.



2. Membantu Jaga Berat Badan Ideal

Sayur dan buah kaya akan nutrisi namun rendah kalori. Sering mengonsumsi sayuran mentah bisa membantu proses diet dan menjaga berat badan Anda tetap ideal, Moms, karena sayuran mentah memiliki kadar kalori lebih rendah dibandingkan dengan sayuran yang dimasak. Selain itu, serat dalam sayuran mentah akan mengeblok lemak sehingga lemak yang masuk ke dalam tubuh tidak terlalu banyak.

3. Kandungan Antioksidan Lebih Tinggi

Kandungan antioksidan dalam sayuran mentah sangatlah tinggi dan justru akan rusak jika sayuran melalui proses pemasakan. Karena itu, rajinlah mengonsumsi sayuran mentah untuk kesehatan Anda ya, Moms.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan enzim alami yang terdapat dalam makanan mentah lebih mudah dicerna oleh tubuh dan ramah terhadap sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan sehat, kesehatan tubuh bagian dalam juga akan terjaga. Selain itu, sayuran mentah tinggi serat yang sangat bagus buat pencernaan dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

5. Mencegah Penyakit Kronis

Makanan mentah dapat membantu mencegah Anda terserang penyakit kronis yang mematikan seperti jantung dan kanker. Sebaliknya, proses memasak makanan, misalnya dengan cara menggoreng ataupun membakarnya, justru kadang bisa menimbulkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh karena mengakibatkan risiko kolesterol maupun kanker.

6. Melindungi Tubuh

Nutrisi yang terkandung dalam makanan mentah bisa membantu melindungi tubuh dengan pertahanan yang lebih baik untuk mencegah datangnya penyakit. Ini adalah salah satu alasan kenapa masyarakat Jepang gemar mengonsumsi makanan mentah.

7. Lebih Efisien

Mengonsumsi makanan mentah tidaklah serepot jika Moms harus memasaknya terlebih dahulu. Anda tidak perlu berlama-lama membenamkan diri di dapur untuk mengolah makanan. Jadi hal ini bisa menghemat waktu dan juga uang Anda. Apalagi jika Moms tidak hobi memasak atau tidak punya banyak waktu buat memasak, mengonsumsi makanan mentah tentunya akan sangat membantu Anda.

Yang penting, faktor kebersihan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan saat Anda hendak mengonsumsi makanan mentah. Sebaiknya, gunakan bahan makanan organik sehingga bebas dari pestisida, dan cucilah makanan hingga bersih dengan air mengalir. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: makanan mentah,   sayuran mentah,   kesehatan,   nutrisi