Mother&Baby Indonesia
Vegetarian Bisa Kurang Gizi

Vegetarian Bisa Kurang Gizi

Menjadi vegetarian memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dengan asupan makanan yang lebih sehat dengan gizi tepat dan seimbang, para vegetarian ini dapat terhindar dari bermacam penyakit.

 



Dalam menunya, vegetarian hanya mengonsumsi makanan tertentu, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan buah. Asupan yang dikonsumsi para vegetarian memang memiliki kandungan antioksidan dan serat yang lebih tinggi.

 

Namun, gaya hidup ini juga memiliki beberapa kelemahan dan risiko. Seperti dilansir dari Daily Mail, para vegetarian umumnya tidak mendapatkan cukup asupan vitamin B12 yang  banyak ditemukan dalam daging, ikan, telur, dan susu. Selain itu, kurangnya perencanaan pola makan para vegetarian juga menyebabkan banyak di antara mereka yang kekurangan gizi.



 

Menurut Dr. Michael D. Gershon, ketua departemen anatomi dan biologi sel dari New Yorks Columbia University mengatakan bahwa pola makan yang tidak seimbang menyebabkan para vegetarian mengalami kekurangan gizi, seperti vitamin B12, omega-3, zat besi, zinc, kalsium, dan vitamin D, yang seluruhnya penting untuk fungsi tubuh, sumber energi, dan juga keseimbangan mood.

 

Stella Volpe, profesor dan ketua departemen ilmu nutrisi dari Drexel University di Philadelphia, AS, menyarankan, sebelum memutuskan mengubah total pola makan Anda, ada baiknya berkonsultasi pada ahli gizi profesional. Ahli gizi akan memberikan saran pentingnya mencari pengganti sumber gizi dari makanan lain.

 

Vegetarian harus tetap memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan dalam tubuhnya, termasuk protein. Untuk itu, penting bagi seorang vegetarian untuk mengetahui sumber-sumber nutrisi alternatif, seperti B12, zat besi, dan protein dari makanan lain. (Aulia/DMO/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: vegetarian bisa kurang gizi,   waspada kurang gizi akibat vegetarian,   vegetarian,   kurang gizi